10 Hal Belajar dari Masa Depan

10 LESSONS FROM THE FUTURE
Tomorrow is a matter of choice, make it yours.
Buku yang dikarang oleh : Wolfgang Grulke

10 lessons from the future
Secara harafiah tidak mungkin kita dapat belajar dari masa depan. Semua orang selalu belajar dari pengalaman, belajar dari masa lalu kita dan masa lalu orang lain. Tapi buku ini berargumentasi bahwa cara terbaik untuk sukses adalah belajar dari masa depan.

Buku ini mengajak kita untuk berpikir kedepan, dengan mata 20/20 (pandangan sempurna) ke tahun 2020. Kita harus bisa maju dahulu dengan memprediksi apa yang akan terjadi di tahun 2020, dan kemudian kembali ketahun sekarang dan memikirkan apa yang harus kita lakukan, untuk menjadi sukses.

Bab satu, Revolusi diam diam, berbicara tentang internet dan ekonomi dunia baru. Dunia sudah mencair menjadi satu titik. Batas negara dan batas ekonomi telah hancur dan kini semua orang mempunyai kesempatan yang sama dimuka bumi ini. Inilah masa kejayaan individual.

Bab dua, Kekacauan Ekonomi. Perubahan teknologi dan ekonomi pada beberapa dasawarsa terakhir ini sangatlah luar biasa. Sekarang sebuah transistor lebih murah dari sekeping staples, padahal teknologi komputer barulah mencapai titik awal. Teknologi telekomunikasi dan teknologi komputer akan menjadi infrastruktur dari revolusi ekonomi kita. Masa depan adalah masa kekacauan, masa ketidak pastian.

Bab tiga, Jaman Individu, perubahan dari jaman kontrol ke kekacauan. Sebuah prediksi di Wall Street akan menjadi kacau hanya karena seorang broker sedang batuk di Singapore. Masing masing kita haruslah siap memasuki kekacauan, mengikuti alur dunia baru, melupakan hirarki kekuasaan, karena masa depan kita sudah mulai sekarang.

Bab empat. Teknologi pengacau, katalis revolusi ekonomi. Ketika Neil Armstrong mulai menginjakkan kakinya di bulan, kita memasuki babak baru, dan mulai merasa betapa kecil dan kerdilnya manusia. Sejak itu, langkah langkah teknologi berderap begitu cepat dan menakutkan. Dari komputer sebesar mobil menciut sampai sebesar telapak tangan, dari piringan hitam sampai music MP3. Ditahun 2020, TV akan sama dengan komputer, karena channel TV akan semuanya berada di internet.

Bayangkan pada tahun 2020, anda memakai handphone yang juga berfungsi sebagai GPS (Global Positioning System) sehinga saat anda jalan2, handphone anda akan memberi tanda bahwa teman baik anda (dari list telpon yang sering dituju) sedang berada didekat anda, dan menanyakan apakah anda mau mengontak dia. Tekan Ya, dan langsung akan ada komunikasi dengan nya. Tekan tombol lagi, dan anda tinggal bertemu di lantai dua depan cafe. Setelah bertemu, sama2 memesan kopi dan makanan ringan bersama, anda tinggal membayar dengan handphone anda juga. Tidak dibutuhkan lagi kartu kredit yang bermacam macam. Wireless dan teknologi telpon selular akan menjadikan teknologi kunci masa depan.

Nano-teknologi yang telah berkembang pesat akan menjadi komoditas umum pada 2007. Kemampuan kita untuk mengubah materi dari elemen paling dasar, atom, akan memungkinkan banyak hal yang dulunya hanyalah mimpi belaka. Bidang komputer dan kesehatan akan menjadi sasaran terbaik untuk aplikasi ini. Kita akan mampu mengubah sel tubuh sehingga proses penuaan akan menjadi lambat.

Bioteknologi juga telah mulai merubah dunia. Manusia akan mampu melewati kelaparan disisi paling ujung dari dunia ini. Genetically Modified food kini telah mulai memasuki pasar komersial. Dimulai tahun 1996, dalam empat tahun dari seluruh penjualan jagung amerika, 20 persen telah dihasilkan dengan melibatkan proses perubahan genetika. Diluar masalah moral, kini kita telah mampu ‘membuat’ ayam dengan kaki empat, bayangkan, kita bisa menjadi Franskenstein! Ayam berkaki empat bisa langsung menaikkan kapasitas kuota paha ayam kita.

Genome, dan teknologi DNA telah pula sampai pada titik titik kritikal. Setelah Dolly ( biri2 hasil kloning) yang berhasil dilahirkan tanpa proses pembuahan, apa lagi yang akan dicoba manusia? Rumor berbicara bahwa cloning manusia sangatlah memungkinkan, bahkan mungkin telah dilakukan. Umur manusia mungkin akan mencapai rata2 150 tahun. Mau ataupun tidak, itulah masa depan kita. Semua teknologi berubah, dari yang dulunya besar dan sederhana, seperti mesin2 produksi, menjadi kecil dan kompleks.

Bab lima, Business unusual. Untuk menjadi sukses, perusahaan kita haruslah berfokus pada market dan pelanggan dan kaya informasi. Organisasi masa depan haruslah bersifat fraktal network. Fleksibel, mampu beradaptasi, terhubung satu dengan lainnya, terpenggal penggal, dan sangat sensitip terhadap pasar yang dikejarnya. Cara kita berpikir dan mengatur bisnis haruslah mulai diubah secara radikal. Ketrampilan (skill), Sikap (attitude) dan Kepemimpinan (leadership) adalah kunci penting untuk maju pada masa depan. Pekerjaan bukanlah tempat dimana anda setiap hari pergi, pekerjaan adalah apa yang anda lakukan dimanapun anda berada.

Bab enam, Perusahaan paling top tahun 2020. Ini prediksi pengarang buku ini untuk perusahaan paling top tahun 20202: UN Motor, join venture antara GM, Ford, DaimlerChrysler; NORCISC ( Nortel + Cisco + AT&T + British Telecom) ; NORDICSSON ( Ericson + Nokia + European players) ; AmaWalmart (Amazon + Walmart) ; MicroGenome; Energen ; MitMitToy (Mitsubishi + Mitsui + Toyota) ; NanoIBM ; TimeWarnerDirect; etc…

Ditahun 1970 kita tidak tahu bahwa Microsoft akan menjadi perusahaan terbesar dunia. Perusahaan tersukses ditahun 2020 pun mungkin juga saat ini belum dibentuk, pemain masa depan mungkin masih sedang bermain game boy saat ini.

Bab tujuh, pemerintahan dan ekonomi. Jumlah negara akan terus bertambah dengan pesat, tetapi jumlah mata uang akan berkurang dengan cepat pula. Dolar amerika dan Euro dollar akan mendominasi transaksi dunia. Begitu pula dengan bahasa, bahasa Inggris akan menjadi semakin umum dimanapun anda berada. Jadilah orang yang sanggup belajar dari mana saja, pakailah bahasa Inggris dan koneklah ke internet. Pemerintahan juga haruslah siap untuk memapak masa depan kita.

Bab delapan, Sepuluh pelajaran dari masa depan.

Satu; Informasi dan ide akan menjadi kekuatan ekonomi baru. Ilmu yang murni tidak berharga bila tidak dapat diubah menjadi keahlian dan ide. Yang terpenting adalah apa yang dapat anda lakukan dengan hal2 yang anda ketahui.

Dua; Bioteknologi adalah revolusi kedua. DNA dan produk produk bioteknologi akan menjadi gelombang yang lebih besar dari revolusi informasi teknologi.

Tiga; Kita memasuki Jaman Individual. Kita memasuki jaman yang mementingkan pribadi yang mampu menghasilkan karya dan terkonek keseluruh dunia melalui kulit digital kita.

Empat; Kepemimpian dapat berganti ganti dengan mudah. Kepemimpinan berganti sesuai fungsi dan kondisi. Seperti juga burung yang terbang bersama, pemimpinnya dapat berubah segera sesuai kebutuhan, begitupun perusahaan.

Lima; Tingkah laku yang aneh adalah hal umum. Janganlah takut kekacauan. Tidak ada gunanya belajar dari kesuksesan masa lalu, ambilah resiko dan mulailah sesuatu yang berbeda.

Enam; Ketidak tahuan adalah kemungkinan terbaik. Melangkahlah ke jaman baru, jaman dimana ketidak tahuan adalah kesempatan. Bukalah pikiran kita untuk segala kemungkinan. Ciptakan masa depan.

Tujuh; Kalahkan diri anda sendiri, janganlah menunggu kompetitor anda, begitu anda bisa, hancurkan diri anda sendiri untuk menciptakan hal yang lebih maju dan baru, selagi anda punya waktu melakukannya. Waktu terburuk melakukan sesuatu adalah pada saat kita tidak punya pilihan apapun selain hal tersebut.

Delapan; Anda tidak dapat lagi belajar dari pengalaman, anda harus belajar dari masa depan.

Sembilan; Janganlah berkompetisi. Ciptakan sesuatu yang baru, carilah celah kosong dimana tidak ada musuh, dan kita hanya sendiri. Persaingan harga hanyalah sebuah bunuh diri.

Sepuluh; Ini hanyalah sebuah dunia, sebuah kesempatan. Dunia telah dibungkus dengan kulit digital, pelanggan tidak lagi mau menunggu kita. Kita mesti memutuskan untuk melakukan sesuatu. Masa depan itu milik kita.

Website www.futureworld.co.za menyediakan informasi lebih detail tentang masa depan, nah, apa yang akan anda lakukan untuk masa depan anda sendiri?
Disadur dari tulisan Tanadi Santoso
Website: www.tanadisantoso.com

About me