500: Internal Server Error

Kemarin siang hingga tadi malam, blog ini mengalami gangguan yaitu blog tidak aktif atau terjadi masalah internal server. Sebenarnya tidak begitu fatal penyebabnya, tetapi akibatnya sangat fatal. Selama hampir 15 jam blog dalam status ” Error 500: Internal Server Error”. Diketahui masalah ini 2 jam sebelum dapat aktif kembali. Lumayan lama ya… 2 jam,  karena akses internetnya pas lambat-lambatnya… jadi perlu sabar.

Tim Buser melakukan pelacakan  dimulai dari Error log, dilanjutkan pengamatan traffik, pengamatan log akses, dst..

Pesan “Internal Server Error” dapat diketahui sejak pukul 09.45 sudah muncul, blog sudah tidak berfungsi. Flashback,  saat itu blog baru saja saya buka dengan laptop dan tidak sempurna dalam finishing dan terburu pergi. Ternyata aktifitas yang tidak ditutup dengan sempurna itu merupakan penyebab “Internal Server Error”.

Pelacakan problem dengan membuka cpanel, diteruskan membuat percobaan membuat file index.html di folder public_htm.

Ternyata file index.html juga tidak bisa tampil, berarti “Internal Server Error” disebabkan pada pengelolaan folder public_html. Penyelidikan dilanjutkan dengan membuka file .htaccess. EItt… ternyata dengan cpanel blog saya , file itu tidak kelihatan. Saya tes membuat file baru dengan nama .htaccess, dan booommmm gagal disimpan, karena file .htaccess sudah ada tapi tidak ditampilkan, tetap muncul “Internal Server Error”.

Cari ide bagaimana caranya untuk bisa melihat isi dari .htaccess?

Kalau via ssh kemungkinan bisa view dan edit, tetapi tidak memiliki hak akses, krn fasilitas itu ditiadakan. Hmm… lumayan lama sampai disini..

Untuk meyakinkan, dicoba melakukan pelacakan file .htaccess, ternyata muncul dalam daftar.. artinya file itu ada. Lagi-lagi dari daftar file, tidak ada pilihan untuk bisa melakukan edit file yang ditampilkan, maka “Internal Server Error” belum terselesaikan.

Akhirnya dicoba cara jalan tikus atau jalan kucing saya tidak tahu, yang jelas akibatnya….  JRENGGGG… berhasil.. YES Blog Normal kembali.

Cara yang gampang untuk edit file .htaccess di cpanel yaitu

– Buka cPanel, Login.

– Pilih Menu File Manager, aktifkan (contreng) pada : “show hidden file”.

– Edit .htaccess

cpanel-show-hidden-files

cpanel-show-hidden-files

Berakhirlah tampilan “Internal Server Error” dan berubah menjadi blog yang sebenarnya.

Related Blogs

About mdin