Akibat Perkembangan Teknologi (5)

Aspek yang saya tulis kali ini 2 aspek.

1. Aspek ekosistem. Bumi sebagai sebuah ekosistem telah berubah, yang disebabkan sebagian besar oleh pengaruh adanya globalisasi dan manusia. Sekarang lebih banyak karbon dioksida yang berada di atmosfir dibanding dengan ribuan tahun yang lalu menyelimuti bumi seperti selimut tebal yang hanyat.
Sinar matahari yang menuju ke bumi sebagian dipantulkan ke angkasa oleh atmosfir dan sebagian diterima oleh bumi. Yang diterima bumi sebagian diserap oleh tanah dan menghangatkan  tanah, sebagian lagi langsung dipantulkan ke angkasa. Yang dipantulkan ke angkasa sebagian terus ke angkasa lepas dan sebagain lagi dipantulkan oleh selimut tebal, selimut karbondioksida, menuju bumi lagi dan menghangatkan bumi yang mengakibatkan suhu permukaan bumi menjadi terasa hangat secara menyeluruh maka disebut pemanasan global atau “Global Warming”.

Masalahnya adalah karbondioksida yang menyelimuti bumi senantiasa bertambah, yang disebabkan oleh akibat kemajuan teknologi dan perilaku manusia.

2. Aspek perilaku. Dengan adanya berbagai produk teknologi yang bertujuan untuk memudahkan dalam kehidupan manusia  mengakibatkan adanya perubahan perilaku manusia.  Beberapa perilaku yang muncul antara lain:

– Konsumtif. Dengan munculnya produk-produk elektronik yang banyak dan beraneka ragam mengubah manusia menjadi konsumtif.

– Kepedulian. Kecenderungan sikap individualis lebih tinggi karena setiap orang memiliki fasilitas perorangan dan urusan pribadi yang lebih banyak. Dalam keluarga setiap anggota keluarga memiliki Handphone sendiri dan sepeda motor sendiri maka urusan pribadi akan menonjol. Kepedulian terhadap sesama saudara, teman, tetangga, dll bisa berkurang, dan menuju individualis.

– Serba praktis. Karena berbagai perlengkapan dan peralatan dengan teknologi tersedia dalam berbagai bentuk maka urusan inginnya dapat diselesaikan dengan cara yang cepat dan gampang.

– Komunitas.  Dengan adanya produk yang bermacam-macam maka mudah terbentuk komunitas baru yang didasarkan pada produk,  hobi, keahlian, dll., misal: komunitas pemilik kendaraan tertentu, komunitas pengguna software tertentu, komunitas penggemar tertentu, komunitas ketrampilan tertentu, dll..

Itu dulu.. disambung lain kali.

About me