Akibat perkembangan Teknologi (1)

Seiring dengan berkembangnya teknologi, akan banyak kenyamanan kerja yang dapat dirasakan namun dibalik itu permasalahan kemanusiaan dan lingkungan hidup akan muncul dan menjadi semakin rumit solusinya. Berbagai aspek yang terpengaruh antara lain:

  1. Aspek Kualitas Produk. Dari aspek ini, cenderung banyak bagusnya pada sisi hasil produk. Berbagai barang yang diolah dengan teknologi akan memperoleh hasil yang lebih baik misal: kualitas dapat dijaga dengan tepat dan ketat, jumlah barang dapat diproduksi secara masal dengan biaya lebih murah, dsb. Tetapi dampak yang muncul dengan berkembangnya teknologi lingkungan hidup dan alam semesta terjadi perubahan dan cenderung mengancam manusia, misal: pencemaran lingkungan, sulitnya membuang limbah industri, global warming, terjadinya penumpukan sampah elektronik yang berbahaya bagi lingkungan, dll.
  2. AspekĀ  Kemanusiaan. Terbentuknya senjata api yang berteknologi menjadi ancaman serius, karena sejak awal senjata dibuat sudah rancang agar si pemegang senjata memiliki kebebasan tanpa dapat terlacak atau diserang balik. Penyerangan Israel terhadap Warga Gaza merupakan contoh, bahwa teknologi memudahkan melakukan pembunuhan massal tanpa merasa bersalah karena mudahnya meluncurkan sejata pemusnah manusia yang dimusuhi. Contoh lain: Bom Bali, Hancurnya Gedung Kembar WTC, Bom Nuklir di Hirosima dan Nagasaki,dll. Rekayasa film hiburan yang menggambarkan kesadisan memberikan inspirasi bagi sebagian manusia untuk menirunya.
  3. Aspek Sosial. Dari cara menyelesaikan pekerjaan para pekerja ditolong oleh adanya teknologi. Disisi lain dengan teknologi banyak pekerjaan manusia yang tergantikan oleh robot, mesin atau alat elektronik. Akibatnya muncul permasalahan PHK yang tidak dapat dihindari yang menimbulkan pengangguran dan merupakan ancaman sosial. Kepedulian sesama juga berkurang karena banyak yang merasa puas dan terlalu asyik dengan teknologi, misal anak-anak yang cenderung senang main game dibanding dengan kegiatan gotong royong atau kerja bakti. Mudahnya berkomunikasi menggunakan alat komunikasi dengan teman, family, kerabat, dan sesama menjadi sebuah berkah. Tetapi etika, rasa hormat dan timbang rasa sering terkorbankan sehingga akhlaq dan adat kebudayaan menjadi benteng yang paling ampuh untuk dapat mengatasinya.
  4. Aspek Manfaat. Memang manusia sudah merasakan manfaat yang banyak dengan teknologi, misal adanya komputer yang menjadi unggulan dalam berbagai kehidupan. Layanan semakin baik jika sudah diatasi dengan komputer. Diperlukan teknik tertentu agar kelemahan komputer dapat diatasi, misal: perlunya backup data secara terus menerus, perlunya keamanan server dan jaringan, perlunya anti virus, dll. Disamping komputer sudah tak terhitung manfaat yang diraskan manusia. Namun karena teknologi tidak dapat sempurna, maka muncul manusia yang memanfaatkan kelemahan teknologi untuk kejahatan, kriminalitas, teror, intimidasi, dll.

Dah itu dulu,…. kita sambung lagi …. posting berikutnya…

About me