Akses internet dengan Broadband

Saat ini, iklan akses internet cepat menjadi komoditi para perusahaan penyedia jasa internet dan telekomunikasi untuk menggaet pelanggan. Istilah lain yang sering disebut yaitu dengan broadband akses.

Memang kecenderungan akses internet saat ini menggunakan bandwidth yang besar yang dapat diperoleh dengan harga yang jauh lebih murah dibanding tahun-tahun yang lalu. Sebagai contoh, tahun 2000-an harga sewa 1 Mbps bisa mencapai harga Rp 24 juta, namun kini dapat kita baca penawaran di media  massa dengan penawaran cuma Rp. 8 juta.

Disamping harganya yang murah, kualitas koneksinya juga lebih baik yaitu didukung dengan infrastruktur yang ditopang dengan media fiber optic atau serat optik. Serat optik dapat mengalirkan data dengan kecepatan yang mendekati kecepatan cahaya dan kapasitas besar dan hambatan (resistensi) mendekati nol, beda dengan media transmisi data lain misal kabel (Kabel tembaga, coaxial, UTP),  gelombang radio (Satelit, VSAT, Wireless).

Kini sambungan dari sebuah lembaga atau instansi dapat menyambungkan koneksi internet dengan fiber optic yang akan terhubung secara simultan hingga ke data center dan pusat koneksi di USA.

Maka tidak akan mengherankan jika suatu saat layanan koneksi data akan semakin mudah dan murah serta cepat, karena dari waktu ke waktu teknologi semakin baik dan relatif lebih murah harganya.

Kenapa bisa begitu?

Teknologi transmisi data semakin baik dan mudah didapat dengan harga relatif murah: infrastruktur dengan fiber optic tersebar dimana-mana seperti yang bisa Anda lihat di pinggir jalan kadang ada proyek penggalian yang bertuliskan pemasangan fiber optic, LAN Card yang terpasang di PC  atau perangkat jaringan sudah meningkat ke Gigabyte (dulu Megabyte), transmisi dengan gelombang mikro juga meningkat kapasitas data (kemampuannya mengirimkan data), teknologi komputer juga semakin cepat dan relatif murah, kapasitas harddisk semakin besar dan semakin cepat aksesnya.

Semua hal itu akan mengubah keadaan menjadi serba cepat dalam memindah data dengan kapasitas semakin besar, dan harganya juga relatif semakin murah. Suatu saat akses internet dengan Broadband akan menjadi standar akses internet dimana saja.

Selamat menikmati… broadband akses.

About me