Amankan Data Harddisk atau Flashdisk

Kekayaan yang mahal dari sebuah komputer PC atau Laptop yaitu isi data yang tersimpan dalam harddisk. Semakin lama komputer PC atau Laptop digunakan maka Jika dihitung antara harga fisik dari harddisk dengan isinya akan mengalami grafik terbalik.

Secara umum harga harddisk akan menurun karena ada nilai penyusutan yang dikenakan pada harddisk, apalagi ada pemahaman umum jika setiap barang yang sudah keluar dari toko dan dibeli oleh konsumen kalau dijual lagi sudah berganti label menjadi barang second (seken), tidak disebut baru itu istilah dari toko. Meskipun usia barang itu baru beberapa jam.

Dari segi isi harddisk yang tersimpan, semakin lama maka isinya semakin banyak. Kalau digunakan secara aktif dan produktif maka nilai isinya jauh lebih besar daripada fisiknya.

Investasi berupa isi harddisk yang menjadi semakin mahal seperti itu, maka perlu upaya melindungi agar jangan sampai diambil orang atau terbaca orang lain yang dengan sengaja atau tidak membaca dan atau mencopy isinya.
Gunakan software enkripsi untuk mengamankan data harddisk dan atau flashdisk Anda. Dengan software enkripsi isi data Anda disimpan dalam keadaan teracak sehingga siapaun tidak bisa membaca isinya, kecuali ada upaya pembalikan ke bentuk aslinya.
Software enkripsi biasanya berbayar, tetapi yang satu ini bisa Anda gunakan secara gratis. T r u e C r y p t merupakan software opensource yang dapat digunakan dalam sistem operasi Windows 7/Vista/XP, Mac OS X, and Linux.
Mau coba silakan download truecrypt, for free… Gratis…

Keterangan lain:
* Creates a virtual encrypted disk within a file and mounts it as a real disk.

* Encrypts an entire partition or storage device such as USB flash drive or hard drive.

* Encrypts a partition or drive where Windows is installed (pre-boot authentication).

* Encryption is automatic, real-time (on-the-fly) and transparent.

* Parallelization and pipelining allow data to be read and written as fast as if the drive was not encrypted.

* Provides plausible deniability, in case an adversary forces you to reveal the password:

Hidden volume (steganography) and hidden operating system.

* Encryption algorithms: AES-256, Serpent, and Twofish. Mode of operation: XTS.

Selengkapnya dapat dicari dan dibaca dalam dokumen yang disertakan dalam software.

About mdin