Awas, jangan asal copy data milik orang lain bisa kena Pasal 31 UUITE

Kini pemilik Komputer, Laptop, Handphone, dan perangkat sejenisnya  yang berisi data digital dapat terlindungi UUITE. Pasal yang melindungi yaitu, pasal 31, pasal 1 dan 2.

Tidak boleh asal copy data digital, karena jika yang memiliki dokumen tidak menerima tindakan copy data tersebut bisa diadukan ke pihak yang berwajib.

Sumber https://catalogicsoftware.com

Berikut bunyi pasal 31 tersebut:

Pasal 31
(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain.
(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu Komputer dan/atau Sistem Elektronik tertentu milik Orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apa pun maupun yang menyebabkan adanya perubahan, penghilangan, dan/atau penghentian Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang sedang ditransmisikan.
(3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) tidak berlaku terhadap intersepsi atau penyadapan yang dilakukan dalam rangka penegakan hukum atas permintaan kepolisian, kejaksaan, atau institusi lainnya yang kewenangannya ditetapkan berdasarkan undang-undang.
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) diatur dengan undang-undang.

About mdin