Cara Cepat Belajar Membuat Website atau Portal dengan Drupal di Localhost

Mau belajar membuat portal atau website personal dengan DRUPAL dapat menggunaan berbagai cara. Salah satu cara yang gampang dan murah yaitu belajar dengan  menggunakan Laptop atau PC yang kita miliki.  Cukup sediakan lokasi di harddisk sekitar 25 Mb, Anda sudah bisa bermain dan bereksperimen untuk membuat websetie di localhost.

Langkah pertama: Jadikan Laptop / PC sebagai Server Localhost.

Langkah ini dapat menggunakan berbagai fasilitas dari kontribusi berbagai pihak dengan menyediakan paket instal webserver localhost secara instan. Mau cari yang diinginkan lihat server localhost pilihan.

Langkah kedua: Membuat Database

Langkah ini sangat penting karena tidak ada CMS yang tidak menggunakan database. Meskipun ada yang menamakan database flat artinya menggunakan file sebagai penyimpan data, tetap saja bersifat database. Namun kebanyakan CMS menggunakan database yang bersifat komplek menggunakan MySQL atau PostgreSQL.  Dalam bahasan ini, menggunakan database MySQL.

Langkah ketiga: Install CMS DRUPAL.

CMS yan tersedia saat ini sudah sangat banyak, bahkan bisa dibilang sangat banyak. Dari berbagai CMS pada kali ini pilihannya yaitu DRUPAL. Tentang kemampuan DRUPAL dapat Anda lihat diberbagai testimoni pengguna DRUPAL yang ada di internet.  Dari kesan saya, DRUPAL terlihat sangat siap dengan sistem konfigurasi yang lengkap dan mudah digunakan. Meskipun pada saat awal memulai memerlukan waktu untuk memahami cara konfigurasi dan terasa sulit memakainya dan terkesan muter-muter. Namun jika sudah paham, maka sangat terasa enak dan menyenangkan.

Langkah keempat: Konfigurasi Website.

Langkah kedua yang hampir semua CMS lakukan yaitu setting konfigurasi Website atau Portal. Disini setiap CMS memiliki tingkat kompleksitas yang berbeda-beda. Pada DRUPAL, saya sarankan jangan melakukan banyak setting. Jangan bersemangat dan nafsu ingin menguasai dan memahami secara keseluruhan pada saat diawal.  Bisa-bisa Anda putus asa jika tidak paham. Lantas apa yang dilakukan? setelah setting site information, segera masuk ke langkah kelima.

Langkah kelima: Posting Artikel atau berita.

Segeralah Anda memposting beberapa artikel melalui CREATE CONTENT, untuk mendapatkan hasil yang dapat dilihat. Jika ada kebingungan untuk memilih PAGE atau STORY jangan berhenti melakukan posting artikel. Jika ingin segera tampil hasil posting pilih STORY.

Langkah Keenam: Modifikasi Portal atau website sesuai kebutuhan dengan ganti theme dan menambah modul.

Langkah ini, untuk memberikan tingkat kepuasan Anda dalam menginstall DRUPAL telah berhasil. Gantilah Theme yang sudah disertakan saat install.

Demikian juga dalam mencari fasilitas tambahan, jangan lupa mencoba semua modul yang ada dan lihat hasilnya. Anda pasti akan lupa makan dan sulit tidur…. hahaha…. Anda merasa sangat puas dan senang dengan DRUPAL..

About mdin