Dosen & NPWP

Tahun 2009, Setiap pegawai diwajibkan punya NPWP. Pengepul pajak mulai serius di Indonesia, sejak 1 Januari 2009. Saya lihat di Sebuah warung makan di Wonosari, dipasang pengumuman wajib punya NPWP Pribadi setiap warga yang sesuai ketentuan.

Saya sudah punya NPWP sejak 2006. Tapi, laporan ke Kantor Pajak baru sekali kemarin Desember 2008, karena ada teguran agar segera menyelesaikan laporan terakhir 25 Desember 2008.

Karena saya sebagai karyawan UAD, maka saya minta bukti bayar pajak ke bag Finansial.   Ternyata, begitu mudah untuk dapat bukti itu,.. trms pak Maryanto dan staff dan saya langsung bawa ke Kantor Pajak, jalan Ring Road utara, di lantai 4 untuk konsultasi. Waktu konsultasi tidak lama, tidak lebih dari 10 menit.

Nah yang lama itu antri.. penyerahan laporan di lantai 1.

Salah satu masukan yang saya ingat adalah, laporan bukti pajak  yang dibuat UAD, sebaiknya ada 3 lembar: 1 . Untuk UAD, 2. Untuk Dosen/Karyawan, 3. Untuk Kantor Pajak.

Karena waktu masih darurat, baru pertama melapor, maka foto copy juga boleh..

Pesan lain ” Pak , mohon besok 2009, bayarnya jangan terlambat ya.. terakhir 31 Maret 2009″.

Yes.. Sir. Saya akan taat… laporan sesuai jadwal.

Ayo laporan ke Kantor Pajak, jangan terlambat. Jangan takut, laporan hanya menyerahkan bukti kalau sudah bayar pajak, karena sudah dibayar oleh UAD.

About me