Google punya routing sendiri di Indonesia?

Hari Kamis sekitar 3-4  jam di siang hari, koneksi internet yang menggunakan ISP Telkom mengalami gangguan tidak bisa akses internet ke Internasional. Gangguan itu bisa kita pantau dengan cara sbb:

  1. Kita lakukan ping ke domain-domain yang ditaruh server di luar negeri, misal bbc.com, grahadsesign.com, dll, maka menghasilkan respon RTO alias Request Time Out yang memberikan arti bahwa koneksi putus. Atau mungkin tidak putus tetapi bandwidth kecil dan tidak mampu melayani perintah ping meskipun sekedar data sebesar 32 bit karena telah dipakai untuk yang lain. Jika hal ini terjadi maka layanan akses internet  bisa dikatakan tidak bagus pada saat itu.
  2. Kita bandingkan dengan melakukan ping ke domain-domain yang ada di dalam negeri, misal detik.com, republika.co.id, klikbca.com, dll, maka menghasilkan respon yang baik dan memberikan arti berjalan normat koneksinya.
  3. Beda lagi dengan koneksi ke google.co.id dan layanan aplikasi email di google.com bisa berjalan dengan normal dan terasa lancar sekali. Tadinya mengira servernya di Indonesia, ternyata berada di USA.  Dari laporan robtex: “google.co.id is hosted on six servers in United States even though the hostname implies Indonesia”, artinya untuk menuju server dari domain name  google.co.id ada jalur khusus lain selain menggunakan telkom.
  4. Dari tiga pembanding diatas, maka sementara dapat diambil kesimpulan google memiliki server dan router atau ada kerjasama dengan ISP di Indonesia untuk meroutingkan pengguna yang menuju google melalui jalur yang dimiliki google yang dipasang di Indonesia untuk kepentingannya sendiri. Sebagai pembanding, lakukan pelacakan di search engine google pasti akan bisa menemukan hasil pelacakan dengan cepat. Meskipun setelah itu, membuka web yang dipilih dari hasil pelacakan terasa lambat atau malah gagal.

Apa komentar dan pendapat Anda dengan 4 point diatas, tuliskan di komentar dibawah…

About mdin