Green Hosting Trend Masa Depan untuk Atasi pertambahan Panas Bumi

Tidak dapat disangkal dan dihentikan lagi bahwa manusia semakin dengan dengan teknologi dan semakin akrab dengan internet.  Bahkan kini dengan adanya facebook betul-betul panas permukaan bumi semakin meningkat. Meskipun nampak sepele tetapi sebenarnya sangat signifikan pengaruhnya.

Kita hitung yoook..

Berapa lama orang yang sudah kenal dan mendaftar di facebook kemudian menekuni dan menongkrongi atau melihat-lihat status temannya dan membalasnya?

Kita bisa berhitung bahwa rata-rata orang baca facebook tidak kurang dari 30 menit. Apa yang dilakukan oleh orang yang baca facebook? Pasti klik sana-klik sini.  Akibat dari klik yang dilakukan dengan jarinya itu sesungguhnya di sedang menambah panasnya bumi. Klik sekali maka panas bumi akan bertambah meskipun sangat kecil.

Setiap kali kita mengambil data dari internet maka kita menyuruh komputer untuk mengalirkan data dari komputer kita ke server dan sebaliknya dari server mengirimkan hasil permintaan ke komputer kita. Mungkin Anda tidak membayangkan bahwa sesungguhnya elektron yang lari dari Komputer Anda lari menuju California USA dan balik lagi ke komputer Anda tanpa menghasilkan panas?

Mungkin elektron itu telah menempuh jarak ribuan kilometer dengan melewati perangkat jaringan ratusan jumlahnya. Dan perlu diketahui bahwa semua perangkat jaringan selalu menghasilkan panas untuk bekerja dan menjaga agar elektron yang lewat dengan membawa data tidak dalam kirim. Makanya perangkat jaringan harus dalam keadaan dingin sehingga perangkat dapat bekerja dengan baik dan itu artinya membutuhkan AC pendingin ruangan perangkat. Maka di dunia ini dengan perkembangan jaringan komputer maka bertambha pula jumlah AC yang dipasang dan panas bumi semakin meningkat.

Dari statistik alexa, facebook kini berada diperingkat kedua setelah google sebagai layanan publik yang paling populer didunia. Dengan kunjungan perhari tidak kurang dari 1 milyar hit.

Agar pelayanan dari para pengguna, maka server-server yang digunakan untuk menyimpan data memiliki kemampuan baik dalam menyimpan data maupun dalam mencari data dengan ukuran jumlah dna kecepatan yang sangat besar.

Tentu kinerja Data center atau tempat menyimpan server-server itu juga harus tetap dijaga dalam keadaan dingin dan memungkinkan kinerja server dapat lancar. GREEN HOSTING merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan bawha server-server kini dijaga agar tetap dingin dengan menggunakan pendingin  yang ramah lingkungan artinya tidak menjadi sumber pemanasan bumi yang berlebihan.

About mdin