Hidup dan matikan Lampu Otomatis

Alat ini bernama Timer digital. Timer digital merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai pengatur waktu untuk menyalakan dan mematikan listrik dengan daya maksimal 380 Watt, untuk listrik dengan voltage 220 V.

Sudah setahun lebih, saya memiliki alat ini dan saya gunakan untuk mengatur lampu luar Rumah: Lampu Teras, dan lampu Jalan. Terasa sangat membantu untuk tugas menghidupkan dan mematikan lampu. Sebelum pakai timer digital, lampu jalan tidak dapat dipastikan nyala dan matinya. Pernah sudah larut dan gelap jalan depan rumah lampu belum nyala. Padahal lampu tersebut sangat membantu pengguna jalan  karena tepat di pertigaan. Dengan adanya lampu itu maka pertigaan jalan menjadi terang benderang dan nyaman.  Dan pernah juga sudah jam 7 pagi belum dimatikan karena sibuk untuk menyiapkan anak-anak ke sekolah dan ke kantor.

Alhamdulillah, setelah cari-cari dan ketemulah timer digital itu. Waktu itu harganya sekitar rp 75.000,-.  Setelah di setting dan dipasang maka salah satu pekerjaan terselesaikan.  Lampu jalan dan teras akan menyala dan mati secara disiplin. Kelebihannya tentu kita menjadi sangat nyaman tidak perlu mengingat jam berapa sekarang dsb untuk menghidupkan atau mematikan lampu. Setiap  hari sudah bekerja dengan disiplin. Kekurangannya ya tidak kompromi.. Suatu saat, pergeseran matahari terbit semakin lambat jadi sudah jam 5.30 masih terasa gelap. Padahal Lampu harus mati jam itu. Pada saat itu sedang asyik baca koran pagi, dan lampu teras masih diperlukan untuk membaca. Tiba-tiba .. PET. Gelap dan samar-samar pemandangan lingkungan. Lampu telah mati sesuai jadwal.

Sebaliknya, pada sore hari matahari tebenam lebih cepat sehingga jam 5.30 sudah teras gelap apalagi pada waktu itu mendung jadi semakin gelap di pertigaan jalan depan rumah. Pada wakti belum jadwalnya timer digital menghidupkan lampu, maka jalan sudah gelap karena lampu belum menyala harus menunggu hingga jam 5.45.

Salah satu pekerjaan yang harus diingat hanya menggeser jam nyala dan jam mati. Sekali setting bisa dipakai selama 5 bulan. Salah satu ukuran yang gampang untuk mengingat yaitu  musim kemarau dan musin hujan, jadwal timer diubah menyesuaikan dengan jam terbit dan terbenam matahari.

Secara keseluruhan Timer Digital sangat membantu… Pernah suatu saat rumah ditinggal sejak sore, pulangnya malam. Maka kita tidak perlu menyalakan pada saat pergi, tetapi  diserahkan pada timer digital yang akan bekerja sesuai jadwal.

Salah satu hal yang penting juga… Timer Digital menggunakan  rechargeable battery untuk mengendalikan semuanya, jadi walaupun listrik mati pada saat dia harus menyalakan lampu jalan, maka pada saat lampu dari PLN sudah nyala akan tetap bekerja sesuai jadwal. Apalagi battery tsb langsung di charge pada saat aktif bekerja. Jadi semakin nyaman tidak dipusingkan ganti battery atau charge sendiri.

Anda mau..?

Silakan cari di toko listrik, karena saya bukan agen dan tidak ada pesan sponsor maka tidak saya sebut merk… hehe..maaf… :)

About me