Jaga kesehatan, perbanyak minum air putih

Tidak semua orang menyadari bahwa kesehatan kita sangat tergantung dengan jumlah air putih yang kita minum. Tubuh kita sangat membutuhkan air putih yang cukup. Kita tidak boleh egois terhadap diri kira sendiri dengan tidak menyukai air putih.

jaga-kesehatan-minum-air-putih

jaga-kesehatan-minum-air-putih

Sudah diketahui bahwa sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Otak dan darah adalah dua organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%. Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%.

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh itu, paling tidak sedikitnya, secara normal kita butuh 2 liter sehari atau 8 gelas sehari.

Jumlah yang diperlukan akan berbeda bagi perokok, jumlah tersebut harus ditambah setengahnya.

Minum sebanyak itu untuk apa? Air tersebut diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi. Para dokter juga menyarankan agar mengonsumsi air putih 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal.

Bahaya mengancam jika kekurangan air atau dehidrasi.
Jika mengkonsumsi kurang dari 8 gelas, efeknya secara keseluruhan memang tidak terasa. Tapi sebagai konsekuensi, tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri. Di antaranya dari darah. Kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun bisa terganggu.

Lebih murah banyak minum air putih dari pada menyembuhkan sakit yang timbul. Darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah atau dalam bahasa medis biasa disebut hemodialisis.

Pada saat puasa, imbangi makan saat berbuka dan sahur dengan air putih. Bagi yang kurang minum siangnya akan terasa lemas dan kelelahan. Hal itu wajar seperti uraian diatas, otak dan darh kita kekurangan air yang diperlukan untuk sirkulasi darah dalam tubuh.

About me