Julian Assange mantan hacker tampil beda

Pendiri situs pembocor dokumen rahasia, Wikileaks Julian Assange telah ditahan. Namun Wikileaks tak gentar dan akan terus terus mengeluarkan dokumen rahasia yang dimiliki.

Menurut Assange sebuah masyarakat demokratis membutuhkan media yang kuat dan Wikileaks bagian dari media tersebut. Media ini, kata Assange, terus membantu pemerintah untuk jujur.

Tidak seperti biasanya hacker yang mencuri data lewat jaringan komputer dimanfaatkan untuk kepentingan negara, kelompok atau pribadi. Assange, memiliki tujuan agar negara, perusahaan, kelompok masyarakat dan pribadi memiliki kejujuran dalam melakukan tindakan. Jujur versi Julian Assange tentunya.

Kelakukan Julian Assange dituangkan dalam idenya dengan membentuk komunitas pengunggah dokumen rahasia atau bersifat privat diangkat ke dunia maya melalui website wikileaks.

Sudah sejak lama wikilieaks beraktifitas 2006, berdasarkan penelusuran beriktu data domain wikileaks.org:

Domain Name:WIKILEAKS.ORG
Created On:04-Oct-2006 05:54:19 UTC
Last Updated On:26-Aug-2010 22:38:42 UTC
Expiration Date:04-Oct-2018 05:54:19 UTC

Pada awal Desember domain name wikileaks sudah dinonaktifkan oleh Amazon.com, sebagai perusahaan penyedia layanan hosting. Dan aktif di beberapa server tanpa domain name.

Sejak dokumen tentang AS yang berjumlah 250 ribu sudah diupload sebagian demi sebagian, nampaknya USA mulai terganggu dan gerah.

Julian Assange, pendiri Wikileaks, juga mulai diincar. Sebelum ini, dia pernah dicoba dijerat dengan tuduhan asusila. Itu tak membuat Wikileaks goyah. Yang membuat situs itu goyah justru adalah serangan maya ke server mereka. “Serangan DDOS kini melebihi 10 gigabit per detik,” demikian pernyataan Wikileaks di Twitter, Selasa (30/11) malam waktu Jakarta.

Serangan DDOS (distributed denial of service) adalah ketika server Wikileaks dibanjiri trafik dari berbagai arah, yang bertujuan menghabiskan sumber daya server sehingga situs Wikileaks tak bisa diakses. Siapa pelakunya, wah, tak jelas. Tapi paling tidak pengguna dunia lari berebut untuk mengujungi situs tersebut.

Meskipun server sudah dikelola di datacenter dengan alokasi bandwidth dan space unlimited dan memiliki mirror server ternyata tidak mampu mengatasi kunjungan yang membludak.

About mdin