Kondisi Masyarakat yang mengkhawatirkan…

Tayangan televisi memberikan gambaran kepada kita bahwa masyarakat dalam keadaan yang sangat mengkhawatirkan. Banyak orang yang kesusahan atau mengalami kebuntuan jalan berfikirnya atau menuruti hawa nafsu melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji bahkan sampai pada tidak pantas untuk dilihat dan didengar, tidak hanya di desa tetapi juga di kota.

Saya sering mengamati, kayaknya disamping mental masyarakat yang tidak kebal terhadap ujian hidup dan jauh dari Allah swt dengan melakukan  perbuatan yang nekad, mencuri, merampok, membunuh, mutilasi, dll,  faktor keberadaan televisi juga tidak dapat dipisahkan. Meskipun Televisi hanya menyampaikan berita yang terjadi dimasyarakat, tapi juga karena adanya film-film dan sinetron hiburan yang penuh dengan kekerasan seolah-olah memberikan pelajaran gratis kepada masyarakat. Tidak kalah perannya adanya  berita yang menayangkan gambar kekerasan, tindak kriminal yang disiarkan secara detail.. justru memberikan pendidikan massal secara gratis kepada orang untuk meniru jika ada kesempatan, kemampuan dan peluang.

Maka “Bang WAS****LAH” yang disiarkan salah satu TV Swasta, bukan sekedar memberikan gambaran agar  masyarakat hati-hati tetapi juga “seolah-olah” memberikan contoh orang yang gagal melakukan kriminal  bisa memberikan pelajaran agar orang dapat melakukan lebih canggih.

Sepatutnya ada pembatasan pemberitaan kriminal agar tidak menayangkan gambar yang jelas-jelas berbentuk kekerasan dan tidak pantas dilihat. Kita tidak ingin kejadian kriminal dan kekejaman di daerah tertentu bisa ditiru didaerah lain. Masyarakat yang sakit mentalnya banyak dan tersebar… jika mereka tersulut dan terjepit bisa melakukan tindakan yang pernah dilihat di televisi.

Semoga kita terhindar dari musibah dan kejadian yang tidak baik.. amin.

About me