Memilih Strategi Pemasaran untuk Sukses Bisnis Online

Berkembangnya teknologi Informasi dan penetrasi Internet ke masyarakat semakin luas menumbuhkan kegiatan bisnis online meningkat.  Tumbuhnya bisnis online dapat dilihat dengan semakin banyaknya tawaran produk yang berbasis teknologi informasi dan atau menggunakan teknologi informasi sebagai media pemasaran.

Dengan menjamurnya pebisnis online tentunya akan mendorong aktifitas periklanan semakin meningkat. Bahkan bisnis periklanan juga tumbuh subur dengan munculnya website iklan baris yang setiap bulan bertambah.  Jika kita hitung mungkin sudah mencapai seribu lebih website periklanan yang ada di Indonesia sejak berkembangnya teknologi Internet di Indonesia.

Jumlah website periklanan tersebut tidak stabil bisa naik bisa turun, karena pengelola website tidak sama dalam strategi pemasaran. Tentunya yang mampu bertahan hidup dalam persaingan akan eksis dan memiliki pengujung yang banyak.

Permasalahan lain yaitu, bagaimana caranya kita memanfaatkan website periklanan tersebut untuk mengiklankan atau mempublikasikan barang atau produk kita? Atau adakah cara yang jitu atau strategis untuk mendapatkan pengunjung website kita atau meningkatkan pembeli produk kita?

Banyak cara yang dapat kita lakukan dari yang mahal hingga yang murah untuk mendatangkan pengunjung ke website kita.

Cara pertama, kita iklankan produk kita ke mesin pelacak Google. Dengan program Google AdWords – Online Advertising by Google,  iklan produk kita akan dikelola oleh google dengan sistem bisnis yang dimiliki Google. Berbagi pengalaman,  dalam satu hari iklan kita bisa tampil di berbagai website yang tergabung dalam sistem pemasaran google dalam sehari bisa mencapai puluhan ribu.  Tapi konsekuensinya, kita harus siap membayar ke google dan partnernya dalam mata uang rupiah atau USD.

Cara kedua, kita pasang iklan di media massa online yang banyak dikunjungi oleh pembaca. Media Nasional banyak yang memiliki berita Online. Dengan membayar dalam rupiah iklan Anda akan tampil dihalaman website medai tersebut.  Sebagai contoh di detik.com, iklan Anda akan terbaca oleh pengunjung detik yang lebih dari satujuta perhari. Konsekuensinya, Anda juga harus membayar jutaan rupiah pula… :)

Cara ketiga, kita memasang iklan di media cetak atau majalah. Kayaknya yang ini murah tetapi jangkauan dan efektifitasnya berbeda jauh dengan yang online.  Media Online akan menampilkan iklan kita bisa berhari-hari.

Cara keempat, kita memasang iklan di website iklan baris yang sudah berjibun jumlahnya. Dengan memilih beberapa iklan baris online bisa saja kita memasang iklan, baik yang gratis maupun berbayar. Dari yang pasang langsung atau yang memakai pendaftaran. Tetapi kini Anda tidak perlu khawatir dengan pasang iklan tersebut, karena ada software promo yang dapat didownload gratis tetapi.. kalau mau digunakan harus bayar dulu. Tetapi meskipun bayar, kalau dibanding dengan model dan cara diatas jauh.. amat sangat murah…..  kalau tidak salah cuma bayar 30 ribu sebulan untuk menggunakan software itu, bisa pasang iklan ke ratusan web iklan baris dengan jumlah iklan sepuasnya.. dan bisa kapanpun. Misal, pasang iklan produk X, bisa kita iklankan dengan 30 model iklan, maka semua model itu kita kirimkan satu hari satu kali, atau bisa kita kirim semua itu dalam satu hari.

Cara kelima, kita tukar link dengan partner atau teman atau kenalan. Cara ini bisa mendatangkan pengunjung ke webist kita. Besar dan jumlahnya berapa kita tidak memastikan.

Cara keenam, kita membuat tulisan yang menarik dan kita kirimkan ke forum, milis, atau ke website yang memiliki fasilitas menerima tulisan.  Identitas penulis mencantumkan website atau produk yang kita pasarkan.

Cara ketujuh, kita kelola webiste kita dengan standart SEO (Search Engine Optimize) dan kita upayakan agar dikenal oleh semua search engine. Kita bisa mendaftarkan website kita ke berbagai mesin pelacak melalui submitexpress.com, maka website kita akan tercantum dalam mesin pelacak dan akan dikeruk informasi oleh mesin tersebut. Jika website kita memiliki kualifikasi SEO yang baik maka akan memiliki pengunjugn yang melimpah.

Cara kesembilan menggunakan jasa periklanan seperti google adwords, tetapi yang versi lokal, buatan anak bangsa.

Dah.. itu saja dulu cara yang dapat saya sampaikan.. cara lain mungkin masih banyak tetapi yang lazim digunakan seperti diatas.

Apakah Anda tertarik ingin memasarkan sekarang? Silakan dipilih mana yang cocok buat Anda. Selamat sukses.

About mdin