Laptop Anda Investasi Anda

Laptop Investasi Anda

Laptop Investasi Anda

Kini Laptop bukan menjadi barang eksklusif. Seiring dengan itu, bisnis laptop menjadi semakin menarik dan menjamur. Kondisi ekonomi yang semakin sulit maka memicu keberanian orang untuk berbuat nekad mengambil laptop orang lain semakin naik. Laptop Anda adalah investasi Anda. Lindungi laptop Anda.

Berikut beberapa poin tentang laptop:
1. Barang berteknologi Tinggi
2. Semakin kecil dan ringan trend produknya
3. Harga cenderung stabil untuk produk yang terbaru dan terbaik, berkisar diatas 15 juta.
4. Harga bevariasi tergantung spesifikasi hardware yang tersedia dan asal muasal barang.
5. Rawan pencurian karena sangat mudah dibawa dan sudah menjadi barang umum (banyak yang punya) jd tdk begitu mencurigakan bagi pencuri yang membawa laptop curiannya.
6. Mudah dijual
7. Jika laptop dicuri nilai kerugian bisa mencapai puluhan juta karena selain fisik yang hilang data juga mempunyai nilai yang tidak terukur (dihitung dari waktu, tenaga, sumber asal data, sifat data yang ada: penting, sangat diperlukan, hanya satu-satunya yang ada krn belum dibackup, dll).

Lindungi data Anda di Laptop:

1. Gunakan password secara fisik yaitu sebelum laptop menjalankan sistem operasi (Windows, Linux, Mac, dll) aktifkan prosedur mengisi password. Cara ini akan memaksa bagi si pengguna tidak boleh lupa terhadap passwordnya, jika lupa maka yang akan Anda lakukan seperti seorang pencuri yang membawa laptop Anda yaitu akan membongkar laptop dan me-reset password tersebut secara fisik.
Keuntungan dari prosedur ini laptop akan aman secara fisik, si pencuri tidak dapat dengan mudah menggunakan laptop Anda atau paling tidak memerlukan waktu lama jika akan menghidupkan laptop Anda yang dicuri.

2. Lindungi data penting Anda dengan software enkriptor dan dekriptor. Software ini berfungsi untuk mengacak isinya (pada saat kita menyimpan file) dan mengembalikan ke bentuk semua (pada saat kita ingin membaca atau mengeditnya). Software ini dapat didownload di website saya:
http://udin.ee.uad.ac.id/?Download. Langkah mengamankan data tentu merupakan upaya yang sangat penting untuk mengurangi nilai kerugian dari kehilangan data yang terbawa oleh pencuri. Paling tidak data yang dibawa pencuri tidak dapat dibaca atau Jika dapat dibaca memerlukan waktu ber bulan2 untuk dapat membongkarnya.

Jika dua hal diterapan maka si pencuri tidak dapat menggunakan laptop Anda secara leluasa dan membaca data Anda dalam waktu yang singkat. Jika Anda ingin mendapatkan kembali laptop Anda, masih ada waktu untuk membuat pengumuman ke berbagai penjul laptop atau bengkel tentang ciri-ciri laptop Anda yang hilang.
Jika takdir membersamai upaya Anda untuk dapat memperoleh kembali laptop Anda maka keberuntungan bisa Anda peroleh dengan kembalinya laptop ke tangan Anda.

Antisipasi agar tidak dicuri (meskipun tidak 100% aman):
1. Jangan ditaruh diatas meja yang dekat dengan jalur umum tanpa pengawasan.

2. Bunyikan musik sebagai tanda kehidupan laptop Anda. Paling tidak Anda bisa mendengarkan musik / nada yang diaktifkan oleh laptop Anda sebagai penanda bahwa laptop masih ada jika Adan terpaksan harus meninggalkan walau hanya sebentar. Kita ingat bahwa pencurian motor sering terjadi hanya dalam waktu 5 menit tanpa pengawasan. Apalagi laptop bisa lebih cepat

3. Pasang kawat pengaman laptop yang Anda kaitkan dengan meja kantor Anda. Mungkin meja kantor perlu diubah / dirancang yang mendukung pemasangan pengaman laptop agar tetap rapi dan nyaman untuk bekerja. Kawat pengaman ini sering dipakai pada saat pameran, dan dapat diberlakukan bagi laptop Anda. Harga kawat pengaman ini jauh lebih murah dr harga laptop Anda.

“Tambatkan laptop Anda dengan kawat pengaman sebelum Anda tinggalkan.”
Semoga tips ini bermanfaat.

About me