Lebih baik sehat dari pada sakit…

Badan sehat dan kuat menjadi dambaan setiap manusia. Dengan itu maka aktifitas menjadi lancar dan hidup terasa bahagia.

Tidak ada manusia yang sanggup sakit jika ditawari… tetapi sakit tidak dapat ditolak dan dihindari jika memang sudah menjangkitinya. Sakit memberikan banyak masalah antara lain:

  • Badan tidak enak
  • Urusan pekerjaan dan aktifitas terhenti
  • Merepotkan orang lain
  • Mempengaruhi urusan pekerjaan dan orang lain
  • Dan .. harus keluar biaya

Tetapi sakit sudah menjadi bagian dari hidup manusia, sehingga Tuhan juga sudah memberikan sinyal bahwa manusia akan merasakan sakit entah kecil maupunm besar, sehingga dengan sakit dan tetap bersabar serta mohon ampun atas segala dosa-dosanya maka akan dihapuskan dosa-dosanya.

Sebagian orang yang menderita sakit merasakan sebagai bentuk kasih sayang Allah swt kepadanya. Saat ini ada pepetah “Banyak makan banyak penyakitnya” sedang jaman dulu “sedikit makan banyak penyakitnya“…  Nah trus bagaimana kita seharusnya bersikap?

Jika kita tidak ingin sakit maka perlu menjaga kesehatan dengan memilih makanan yang sehat (tidak mengadung zat-zat yang tidak sehat), berolah raga, dan berperilaku sehat dan aman.

Jika mendapat anugrah dari Allah swt berupa sakit, maka kita perlu berobat dan memeriksakan ke Rumah Sakit atau Dokter. Kalau berobat maka ada yang perlu kita miliki yaitu Uang dan Meminta Hak sebagai pasien untuk mengetahui penyakit yang diderita. Uang untuk memenuhi kewajiban sebagai pasien, dan Haknya meminta hasil pemeriksaan. Berikut pasa 52-53, dari UU no 29 Tahun 2004 RI.

UU 29 2004 RI pasal 52-53: Hak dan Kewajiban Pasien

UU 29 2004 RI pasal 52-53: Hak dan Kewajiban Pasien

Sumber : http://www.dinkes-kotasemarang.go.id/dokumen/uu_praktik_kedokteran.pdf  (UU no 29 Tahun 2004 tentang praktik kedokteran)

Bagaimanapun juga, kalau kita punya uang dan sudah tahu hak dan kewajibannya, sehat itu tetap lebih nikmat dan lebih baik… ya nggaakkk??

Makanya syukuri nikmat sehat yang kita miliki.. dengan aktifitas yang bermanfaat dan dalam ketaatan pada Allah swt.  Semoga kita tetap sehat dan kuat.. dan dalam ketaatan.. Amin..

About webadm