Amazing World: Lubang Runtuhan atau sinkhole terjadi dimana-mana

Wikipedia: Lubang runtuhan atau sinkhole adalah depresi alami atau lubang dalam topografi permukaan yang muncul akibat hilangnya lapisan tanah atau bantalan batuan,

sinkHole

atau keduanya yang umumnya terjadi akibat aliran air di bawah tanah. Lubang runtuhan memiliki ukuran yang bervariasi dari kurang dari satu meter sampai ratusan meter dalam diameter dan kedalamannya, dan juga tidak bergantung dari jenis lapisan tanah dan bantalan batuan di atasnya. Pembentukan lubang runtuhan ini dapat terjadi berangsur-angsur atau secara mendadak, berbeda-beda, ditemukan di berbagai tempat di dunia.

Kejadian yang paling baru ada di Guatemala, dimana sinkhole terjadi di tengah kota dan dijalan raya. Dari gambar dibawah nampak seperti tanah itu berupa lubang ambles hilang ke bawah. Tanah jatuh ke pusat bumi.  Di dalam bumi tidak semuanya pejal atau padat ternyata ada lubang. Mungkin kita hidup diatas rongga bumi.

sinkHole1

Teringat dengan kejadian di Bantul paska gempa bumi. Masyarakat imogiri sering mendengar suara glurr…. glurr… seperti batu jatuh dan bergema.

Barangkali memang ada patahan batu besar-besar yang jatuh dan membentur dasar rongga bumi dan bergema.

Meskipun pernah ada tim dari PTS yang mencoba membuktikan adanya lubang dengan mengebur bumi, dan terbukti tidak ada. Kesimpulan sementara tidak ada, karena mungkin memang tidak mencapai lubangnya.

Fenomena alam yang luar biasa.. dan

lapindo

menakjubkan, terjadi disekitar manusia. Kejadian yang menimpa saudara-saudara kita di sidoarjo, sebuah fenome luar biasa lain. Lumpur yang keluar dari dalam bum dan tidak habis-habisnya sampai sekarang. Dapat dipastikan di dalam perut bumi terjadi rongga yang kosong karena isinya telah kelalur dipermukaan bumi. Kapan lumpur berhenti… apa yang terjadi paska lumpur berhenti??

Suara Glurr…. di Bantul, Lumpur Lapindo dan Sinkhole di Guatemala merupakan kejadian luar biasa yang ada di depan mata manusia.

gempa176

GEMPA BANTUL

Apakah ada kaitan antara Lapindo dan Gempa Bantul?

Jika dilihat dengan mata kepala manusia sekilas tidak ada kaitannya. Apalagi jaraknya cukup jauh ratusan kilometer. Tetapi ilmu dan pengetahuan belum terbuka tentang lapisan-lapisan batu yang ada di bawah kita. Bisa jadi ada sebuah kubangan lumpur yang secara tidak langsung terpengaruh oleh gerakan gempa di Bantul sehingga kondisi pengeboran minyak menjadi semburan lumpur.

Yang tidak kita ketahui juga apa akibatnya pasca semburan lumpur lapindo?

Fenomena disekitar semburan lumpur terjadi gejala semburan lumbur baru, tanah retak, tanah ambles.. dan fenomena tanah akan runtuh bisa terjadi di sidoarjo.

Di Guatemala, bahkan tidak didahului oleh gerakan bumi… tetapi adanya badai Agatha yang menyerang kota tersebut. Tahu-tahu… lubang runtuh terjadi dalam skala besar….

sinkhole-la

Di LA, USA, ditengah jalan sebuah truk pemadam kebakaran ambles separo dalam tanah yang sepintas seperti lumpur. Jalan yang biasanya untuk lalu lalang kendaraan, tiba-tiba ambles dan menelan truk separo.

sinkhole-la-1

sinkhole-la-2

Sinkhole terjadi di persawahan negeri cina.

sinkhole-cina

Di Italia sinkhole terjadi di dalam gedung dan jalan.

sinkhole-itali

Bukan hanya di darat, sinkhole juga ada diperairan, danau dan sungai.

sinkhole-danau

sinkhole-danau-1

About mdin