Membuat Wireless Router Sendiri

Jika Sudah memiliki Koneksi Internet melalui ISP baik yang bersifat Wireless (hotspot), Fix Kabel (Speedy, DSL), dll maka sharing (penggunaan bersama) dapat dilakukan.  Jika pernah kami buatkan tutorial router dengan UBuntu, maka pada kesempatan ini membuat router dengan perangkat router yang sudah ada dipasaran.

Dari pengamatan produk yang ada dipasaran kini sudah tersedia router yang dapat dibeli dengan harga murah hingga harga mahal. Perbedaan harga biasanya pada kualitas dan fitur yang membedakan.

Secara prinsip router dapat dibuat sendiri untuk penggunaan di kantor, di rumah, di kontrakan atau di kost dengan mudah. Berikut gambaran langkah umum yang digunakan untuk membuat router sendiri. Langkah khusus dapat dilhat pada manual setting pada Router yang dimiliki.

Langkah pertama: memastikan kita memiliki koneksi internet, jika menggunakan Speedy (modem sudah konek), atau dengan akses point (sudah nyambung ke internet).

Langkah kedua: router yang kita miliki pada port input (berupa UTP port) disambungkan ke kabel Modem (DSL) atau ke Radio penerima.

Langkah ketiga: sambungkan PC/ Laptop ke port client pada router dengan kabel UTP.

Langkah keempat: Nyalakan router (power On)

Langkah kelima: buka router melalui browser. Baca manual alamat IP router, biasanya alamatnya http://192.168.1.1, atau yang lain sesuai standar produk yang ada.

Langkah keenam: Pilih setting LAN / setting internet, dan tentukan pilihan ke PPPoe (DSL), IP Static  (akses point), atau DHCP jika ke ISP menggunakan DHCP.

Langkah ketujuh: Pilih setting untuk Client DHCP untuk memudahkan manajemen koneksi (tidak perlu setting secara parsial dari setiap client). Tentukan ip yang akan diberikan ke client misal:  untuk 50 cliwet dari 192.168.1.100 – 192.168.1.150, atau 171.111.111.50 – 171.111.111.100, dll.

Untuk IP Client boleh pakai IP berapa saja karena IP Client tidak akan dikenal di jaringan Internet, tetapi  hanya dikenal dalam jaringan lokal pada Client router ybs.

Mau pakai Router yang mana yang digunakan? Sebenarnya kini hampir semua produk networking sudah menyediakan rouetr wireless.  Masalahnya mau pilih harga yang berapa dan fasilitasnya apa saja?

Berikut contoh produk yang menyediakan router wireless:

–  Lynksis

–  TP-LINK

–  Dlink

– Asus

–  Ubiquite

– 3 Com

– Belkin

– dll

Kalau lebih mantap bisa cari tahu ke Mbah Google, semoga Anda dapat memperoleh informasi produk yang cocok buat Anda.

About mdin