Menampilkan Gambar lebih Cepat di website

Sering kali, dalamĀ  menampilkan gambar di website sangat diperlukan. Tetapi jika gambar tampilnya terlalu lama akan membuat pengunjung menjadi tidak tertarik dan bahkan cepat-cepat meninggalkan website, atau tidak akan berkunjung lagi.

Kenapa bisa demikian ?

Karena pengunjung tidak mau menunggu terlalu lama untuk melihat gambar yang akan muncul.

Bagaimana agar gambar dapat tampil dengan cepat?

Berdasarkan pengalaman dan diskusi berikut tip yang dapat digunakan:

1. Ukuran File Gambar. Gambar tidak memiliki ukuran file yang besar. Dengan koneksi data yang sedang, file dengan ukuran antara 100 kb – 200 kb masih dapat diterima oleh pengunjung.

2. Dipanggil tampilkan dengan menuliskan ukuran sebenarnya. Dalam tag html untuk menampilkan gambar disertai dengan statement: width=”200″ height=”100″. Angka tersebut hanya sebagai misal. Yang penting adalah adanya statemen ukuran file.

3. Menampilkan dengan ukuran sebenarnya. Sering kali gambar ditampilkan dengan ukuran yang tidak sesuai ukuran sebenarnya. misal ditampilkan dengan ukuran 60% atau angka lain. Untuk mengatasi kebutuhan tampilan gambar dengan ukuran yg berbeda dibuat file baru dg ukuran yang sesuai.

4. File dipanggil dari folder. Gambar dapat dipanggil dari alamat yang sesungguhnya dari mana gambar itu berada misal: blog.uad.ac.id/mdin/images/gambar1.jpg. Cara itu akan selalu memaksa agar gambar diambil secara langsung dari alamat website. Maka akan memberikan dampak penampilan terkesan jadi lama. Hal itu dapat diatasi dengan mengubah file diambil dari folder. Kenapa demikian? Jika diambil dr folder maka website akan mengambil gambar dari cache yang ada dalam komputer, jika gambar yang sama diperlukan lagi.

5. File diambil dari folder yang sama. Meneruskan pada point 4 diatas, gambar akan lebih cepat karena jika setiap halaman yang memerluan gambar yang sama diambil dari folder yang sama maka akan mengurangi waktu pencarian gambar.

Itu sebagian, tips… masih ada yang lain .. kita sambung di tulisan berikutnya.

About me