Mengelola promosi via facebook

Facebook sudah dikenal di masyarakat dunia, baik yang sudah kenal dan sudah sebagai pengguna internet maupun yang tidak. Orang Indonesia termasuk penyumbang besar pemakai facebook di tingkat dunia.

promosi via facebook

Terlepas dari pro atau kontra, haram atau  halal, akses di kantor/kampus diblokir atau tidak,  penggunaan facebook nampaknya tidak dapat terbendung dan akan terus berkembang jumlah penggunanya. Dan  kantor/perusahaan/kampus yang memblokir akses facebook juga akan bertambah seiring dengan tingkat gangguan kinerja kantor/perusahaan/kampus atas keberadaan facebook.

Tidak berarti memblokir sebuah pilihan yang terbaik bagi sebuah kantor/perusahaan/kampus, masing-masing memiliki alasan dan analisa berbeda. Yang penting dari sebuah kebijakan memblokir akses ke facebook ada pemberitahuan atau komunikasi antara pemegang kebijakan dengan pengguna. Bagaimanapun juga hubungan antar karyawan dan pejabat harus harmonis. Jika main kekerasan dalam kebijakan, yaitu menerapkan sebuah larangan tanpa pemberitahuan merupakan bentuk kekerasan persaudaraan dan hubungan antar sesama. Menganggap orang lain atau bawahan sebagai bukan manusia yang layak diajak berbicara dan tidak dianggap sebagai orang dewasa yang bisa diatur.

Jika kondisi seperti itu diberlakukan terus menerus maka akan memberikan sebuah luka dalam proses pendewasaan bersama. Yang muncul sebuah apriori atau slogan yang tidak baik akan muncul “Cuek is the best”.

Adapun yang memberikan kebebasan akses facebook juga belum tentu sebuah pilihan yang terbaik.  Tetapi jika dapat mengelola para pengguna facebook dengan baik dapat digerakkan bersama dan bisa menjadi sebuah “strategic  of marketing”.  Penerapan sistem pengolahan citra via facebook agar setiap warga kantor/perusahaan/kampus ikut menyebarkan kabar baik kegiatan dan prestasi perusahaan/kampus via facebook akan menjadi sebuah kekuatan yang sulit dibendung karena arus informasi di internet sangat kuat dan cepat penyebarannya. Jika seseorang memiliki teman 250, dan jika ada 100 orang yang menggunakan facebook, maka akan terjadi peneybaran informasi ke sejumlah 25.000 orang. Jika diperkirakan hanya  50% yaitu 12.500 yang membaca, memahami, tertarik terhadap informasi tersbeut maka sudah merupakan kekuatan tersendiri. Jika dilakukan secara berkala maka akan membentuk citra bagus yang murah dan cepat.

Dan sebaliknya jika tulisan negatif yang ditujukan ke kantor/perusahaan/kampus via internet misal blog, email, forum, milis, facebook, friendster dll maka akan tersimpan secara luas di internet dan sulit dihapus.

networking

networking

Kabar yang  baik dan buruk sebuah institusi sebaiknya diperhatikan  dan dikelola dengan baik di era teknologi informasi. Mesin google merekam semua tulisan yang tersebar di internet dan hampir tidak ada website yag tidak terekam oleh  mesin google yang rakus data, karena google akan  mengeruk data website setiap hari minimal 2 kali.

Google pelacak Informasi tidak pernah berhenti.

Google pelacak Informasi tidak pernah berhenti.

Akhirnya kami ucapkan selamat mengelola informasi di internet…. dan dapatkan hasilnya.

About me