Mengelola Website / blog

Berbagai penawaran dari berbagai pihak tentang website gratis, blog gratis, domain gratis dll jumlahnya sangat banyak dan mampu meningkatkan jumlah alamat website.

Bahkan kepemilikan domain pribadi atau lembaga kini juga tidak terlalu sulit (terutama yang Com/Net/Org). Cukup sediakan uang pendaftaran domain antara 62 ribu – 150 ribu sudah dapat menggenggam sebuah domain internasional. Dengan encek alamat yang dikehendaki dan jika ternyata masih berstatus “available” maka domain dapat didaftarkan segera dan ada ditangan kita.

Penyedia hosting gratis sudah banyak bahkan dengan fasilitas yang mewah, tidak pas-pasan, yakni tersedianya fasilitas database, bahasa pemrograman, statistik, dll, dapat diperoleh dengan mudah.

Tahap berikutnya pada perancangan website yang juga gampang, kini banyak CMS (content management system) gratis yang bisa dipakai.

Atau dengan berbekal email gratisan kita juga bisa dapat blog gratisan pula.

Jika domain, hosting dan tampilan atau memperoleh alamat blog sudah kita selesaikan maka langkah penting yaitu mengisi website tersebut. Tiga tahap awal dapat dilakukan dengan mudah dan cepat karena hanya permasalahan teknis yang semuanya dapat didapat dengan mengikuti prosedur yang ada. Bagi yang sudah berpengalaman ke-3 langkah dapat dikerjakan kurang lebih memerlukan waktu selama 1 jam sudah dapat selesai.

Yang paling banyak tersendat pada proses pengisian materi website, atau menjaga kontinyuitas updating data…

Kata guru saya ” jangan mengisi website dengan kalimat – maaf sedang dibangun- , – maaf data belum ada – dll”…. Carilah kalimat lain yang bermanfaat dan dapat dibaca oleh pengujung dan segera isi halaman yang kosong tersebut dengan data yang sesuai.

Jangan memunculkan judul-judul yang keren tetapi masih ompong mlompong dan itu berlangsung berhari-hari, berminggu dan berbulan. Pastilah website kita seperti rumah kosong dengan papan nama yang bagus, tidak ada isinya.

Kalau punya website segera isi dengan informasi yang bernilai dan memiliki manfaat.. sehingga pengunjung merasa terbantu dengan website kita.. Bisa-bisa website kita jadi ladang amal kebaikan kita karena ternyata banyak pengunjung yang terbantu dengan website kita.

Dari berbagai pengamatan dan sedikit pengalaman, mengisi website merupakan aktifitas yang berat. Apalagi website pribadi, dimana semua isi hanya kita yang mengisi… maka memerlukan ketekunan dan waktu untuk menghidupkan website. Untuk itu diperlu teknik dan strategi agar dapat menghidupkan website.

Pengunjung menyukai yang bagus, paling tidak isinya itu menyenangkan: di update terus dan mengandung informasi yang hangat atau sangat penting. Pengisi website memang harus banyak membaca bisa dari website orang lain atau berita. Dari situ bisa kita tuliskan pendapat atau pandangan kita.

Selamat mengisi dan mengelola website…

About me