Merancang Restart Otomatis untuk PC router

Memenuhi harapan dari pak Hadi, dan juga pembaca lain yang ingin lebih jelas untuk membuat sistem otomatisasi restart otomatis untuk PC router saya buatkan posting baru (lanjutan).

Yang perlu diperhatikan tentang relay yaitu:
1. Relay berkaki 5, atau yang normally closed, yaitu akan menutup (terhubung) jika pada saat relay tidak ada catu daya.
2. Relay menggunakan tegangan dari power supply pc untuk menggerakkan Relay, biasanya data yang dipakai DC 12 V.

Cara Pasang dapat dilihat pada gambar berikut.

restart otomatis pc router dengan relay

restart otomatis pc router dengan relay

Penjelasan:
1. Dua kaki yang terhubung dengan lilitan, disambungkan ke power supply dari PC. Untuk memudahkan penyabungan, cari kabel yang ada konektornya (female konektor) ke power supply.
2. Pilih dua kaki yang dalam keadaan terhubung jika Relay mati. Sambungkan kaki tersebut ke Pin Restart yang ada di Motherboard. Gunakan kabel yang ujungnya ada konektor yang bisa dipasang ke pin restart. Cari di PC yg rusak (bekas), ambil kabel yang menghubungkan dari tombol restart ke pin.
Dalam hal pemasangan ini, tidak ada penambahan komponen elektronik lain selain yang sudah dijelaskan di nomor 1 dan 2 diatas.

Cara Kerja:
Pada saat listrik mati maka relay akan menutup, artinya seolah-olah PC dalam kondisi di tekan tombol starnya.
Jika listrik kemudian menyala, maka tegangan yang dari Power Supply akan mengirim ke Motherboard dan ke Relay. Hanya beberapa detik Relay ini tertutup, dan akan segera membuka kondisi relay setelah ada tegangan masuk.

Ketika hubungan relay belum terputus maka seolah-olah tombol start ditekan. Setelah itu kondisi relay akan terbuka, dan penekanan tombol start telah selesai.

Begitulah cara kerja dari relay yang bekerja sebagai pengganti manusia yang menekan tombol retstart, hanya beberapa detik PC router sudah di restart.

About me