Orang yang beruntung..

Dalam Al Qur’an disebutkan dalam banyak ayat yang menjelaskan jenis manusia yang akan mendapat keberuntungan di sisi Allah swt. Sebagian ayat-ayat tersebut adalah dalam  S U R A T A L – I M R O N (3):

ayat 104:  Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung

ayat 130:  Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.

ayat 185: Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.

ayat 200:  Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.

Dapat diambil sari ayat itu orang yang akan beruntung yaitu:

  1.  Orang yang menyeru kebaikan
  2. Orang yang mencegah kejelekan, keburukan, kemungkaran
  3. Tidak makan Riba
  4. Bertaqwa, taat dan patuh dengan ajaran Islam agama
  5. Masuk Syurga
  6. Bersabar dan tetap berjaga dalam membela negerinya

Dalam akhir dari ayat 185 dari surat Al Imron, dinyatakan bahwa ” Kehidupan dunia adalah kesenangan yang memperdaya”. Dunia tempatnya manusia untuk berkreasi, namun jika hingga melupakan kehidupan setelah di dunia termasuk orang yang tidak beruntung.

Agar menjadi orang yang beruntung, maka menjadikan dunia sebagai sarana mencari bekal menuju kehidupan pasca kehidupan dunia. Kita dituntut untuk tidak terperdaya dengan gebyarnya dunia yang menggiurkan dengan berkembangnya teknologi… tetap istiqomah untuk beribadah..

Sulit.. tapi mungkin…. untuk bisa.

Semoga kita memiliki kekukatan untuk bisa menjadi orang beruntung. Amin.

Semoga bermanfaat..

About me