Penipuan via Handphone (HP) masih gentayangan

Sudah lama, model penipuan dengan Handphone berlangsung dan mungkin banyak masyarakat menjadi korban

handphone

Dari beberapakali  kejadian penipuan via telpon /handphone atau sms yang datang dari Handphone atau ponsel memiliki pola sbb:

  1. Pelaku mencari data calon korban meliputi: nama, alamat, nomor handphone, pekerjaan, dll.
  2. Penipu mengambil peran sebagai orang penting dan disegani calon korban: Kapolda, Direktur Lembaga ternama, Lembaga atau institusi yang memiliki posisi hirarki diatas lembaga dimana korban bekerja, orang kaya, dll.
  3. Ciri utama yang sering dilakukan adalah: korban diminta untuk menghubungi nomor HP tertentu. Ini merupakan indikator yang sangat jelas. Bisa jadi penipu menggunakan ilmu hipnotis atau yang lain yang memanfaatkan sikap patuh atau menurut pada diri korban atas perintah dari penipu.
  4. Ciri utama lain  dan ini merupakan jalan pintas penipuannya adalah PERMINTAAN no REKENING BANK atau akses ATM.
  5. Adanya perintah untuk melakukan transfer uang atau perintah untuk menerima transfer uang dari penipu.

csatm

Inilah yang saya amati beberapa ciri yang sering digunakan para penipu.

Apa yang kita / Anda lakukan?

Sebenarnya jika Anda bisa menemukan kesamaan antara beberapa ciri diatas dan kondis Anda alami saat menerima SMS atau telpon langsung maka bacalah ” Audzubillahi minasysyaiton nirrojim..”.

Dan beranilah Anda berhenti untuk tidak menuruti kemauan si penelpon dan pengirim SMS. Kecuali jika Anda Ingin menjebaknya atau menyadarkannya itu pilihan Anda.

just_say_no1

Saya kira jaman sekarang kita sadari bahwa banyak orang yang mengalami kesusahan dan dari sebagian kecil  ingin lepas dari kesusahan dengan jalan pintas. Dan disisi lain, biaya pemakaian Teknologi Komunikasi semakin sangat murah dibanding jaman dulu (awal tahun 2000) dan sangat mudah didapatkan dengan harga murah.

Sebarkan info ini ke saudara, teman, tetangga, dan orang-orang yang Anda kasihi.. agar tidak mengalami kejadian yang menyedihkan.. dan tidak kita harapkan.

Semoga bermanfaat.. dan mari waspada..

About me