Pergulatan Admin Jaringan dengan Pengguna

Pergulatan antara pengguna dan Admin terasa sangat sengit. Admin atau pihak pembuat kebijakan yang dilanjutkan penerapannya oleh Admin memiliki posisi sulit. Mau dibebaskan, tapi ada sisi negatif di internet yang  seharusnya tidak diakses oleh pengguna ternyata kenyataannya diakses. Dan setelah dilakukan pemblokiran ternyata connection performance mengalami penurunan. Jika diteruskan pemblokiran ternyata juga tidak efektif, karena kini berkembang tool proxy yang tersedia bebas dan dari hari ke hari bertambah banyak.

Jika masih di level sebuah organisasi kecil mungkin masih terasa ringan, tetapi kalau di lembaga pendidikan tinggi, terasa sengit tarik menarik antara pengguna dan Admin.

Si pengguna memang maunya apa saja boleh dan bisa akses secepat-cepatnya. Bahkan ada yang kadang mikir dirinya sendiri, maunya bagiannya di tinggikan bandwidthnya yang lain terserah… mau lemot terserah. Ini watak individual yang menonjol.

Apalagi kalau pengguna menggunakan software yang nakal bisa membunuh teman sebelah yg sedang akses, atau menguasai sebagian besar bandwidth untuk download file besar-besaran, misal berukuran 2 Gb, 3 Gb, dll.

Perkembangan hardware pada  storage device terasa sangat banter, dengan tolok ukur sekarng flash disk sudah berukuran diatas 10 Gb, dan berkembang harddisk eksternal dengan ukuran berkisar  Terabyte, maka dapat dipastikan harddisk berkapasitas Terabyte telah terbentuk namun masih beredar dikalangan tertentu.

Perkembangan yang seperti itu, merangsang penyedia layanan free stroage online berlomba gede-gedean fasilitas. Misal layanan free webmail dari  google.com yang  sudah mencapai 7 Gb/user, dan berbagai layanan penyimpanan file yang ada dengan ukuran Gb/user lainnya, sehingga dapat dipastikan server memiliki space berukuran ribuan, ratusan ribu TeraByte.

Kondisi ini mengakibatkan kebutuhan bandwidth menjadi meningkat.. dan manajemen bandwidth diperlukan bagi user.

Apa jadinya jika Admin sudah pasang mesin untuk mengatur bandwidth dan mesin pemfilter situs?

Pengguna pasti cari-cari jalan untuk bisa melewati rintangan itu. Bagai gayung bersambut  tool proxy sangat dicari oleh pengguna, dan penyedia merasa diatas angin karena pasti digemari pengguna seperti ProxyWay yang disebar bebas diinternet dan bebas untuk didownload.

========== Stop Dreaming Start Action =============

Di akhir tulisan saya sampaikan informasi bagi yang tertarik bisnis online dan ingin membangun negeri perlunya untuk mengakhiri mimpi dan diganti dengan aksi stop dreaming start action.

About me