Pilih Time based atau Volume based ?

Seorang teman akan berlangganan Layanan akses Internet dari sebuah provider. Paket yang ditawarkan ada dua yaitu Time based dan volume based.

Saat mau mengisi form pendaftaran, diminta memilih dari dua tawaran tadi. Ternyata tidak semudah mengisi form nama dll, ketika harus memilih salah satu dari dua tawaran paket itu. Mikir-mikir dulu…, apa bedanya, mana yang lebih menguntungkan..

Timed based adalah paket yang dibatasi oleh jumlah jam yang boleh dipakai dengan harga paket yang ditawarkan… misal 60 Jam, maka dalam sebulan kalau pakai sampai 60 jam kurang sedikit, maka tidak ada tambahan biaya. Namun jika ada kelebihan jam misal 10 menit sekalipun, maka akan dihitung berdasarkan standar harga yang sudah ditetapkan.

Volume based, merupakan paket yang ditawarkan berdasarkan jumlah data yang lewat counter paket data, baik yang dikirimkan maupun yang diterima. Sama dengan paket Time based, jika ada kelebihan akan dihitung sesuai ketentuan.

Sekarang mau pilih yang mana?

Gambaran saja.. kalau pakai TIME BASED:

РAnda harus bisa disiplin dan bekerja cepat jangan terlalu lama mikir didepan komputer karena selama berfikir counter waktu bekerja terus mengurangi  jatah paket.

– Anda tidak dianjurkan memakai internet pada saat ngantuk, jika Anda tidak sengaja tertidur dalam keadaan koneksi masih aktif, maka tidur Anda berakibat pemborosan.

– Anda memiliki aktivitas download yang dominan, sehingga tidak berfikir jumlah paket yang didownload.. asal masih kurang dari jam yang diberikan tidak masalah..

РKendala yang tidak menyenangkan yaitu,  jalur data buruk (sangat padat, ada gangguan dijalur yang berada diatas link provider menuju pusat download) sehingga waktu yang diperlukan untuk download jadi lebih lama.

РTidak nyaman pada saat aktif  pakai internet dan download terganggu harus menemui orang lain padahal proses download masih aktif. Jika terlena, proses download sudah selesai tetapi Anda lupa tidak memutus koneksinya, maka akan mengurangi jatah waktu yang diberikan atau menaikkan jumlah kelebihan jam yang harus dibayar.

Yang Volume Based bagaimana?
– Cocok bagi Anda yang tidak download mainded, bisa berlama-lama didepan komputer dengan koneksi tetap aktif.

– Bisa lebih santai selama baca email dengan koneksi tetap aktif, karena data tidak ada yang ditransfer.

– Tidak nyaman, jika website yang dibuka banyak iklannya dan gede-gede ukuran filenya.

– Jika asyik buka website yang banyak gambarnya, atau file2 yang harus didownload gede maka akan mempercepat habis jatah data yang ditawrakandalam paket, dan bisa meningkatkan kelebihan jumlah data.

– Cocok untuk pemula internet, karena pemula biasanya lama dalam memahami webiste yang ditampilkan dan masih senang melihat dan membaca.. maka tidak ada kekhawatiran terhadap banyaknya waktu yang dihabiskan untuk NGENET.

Kalau bingung milih paket diatas, siapkan duit yang lebih gede dikit dan pilih paket unlimited.. dijamin tidak takut kelamaan atau besarnya file yang datang dikomputer.

Semoga bermanfaat….

About me