PilPres dan Facebook

Sudah semakin dikenal keberadaan facebook di belahan dunia. Sejak Obama pakai facebok dalam kampanye, facebook melejit popularitasnya. Hingga kini Obama juga masih pake facebook untuk menyuarakan kebijakan Presiden USA.

Di Iran sejak Mei menjelang PilPres ternyata memiliki kebijakan berbeda, yaitu adanya pemblokiran facebook menjelang pilpres yang lalu.  Kebijakan itu dinilai untuk menghalangi salah satu calon untuk menggunakan facebook untuk mempengaruhi pemilih dan menyebarkan isu tetag keadaan pemerintah yang sedang berlangsung.

Lain Iran lain Indonesia. Kita bisa bersyukur di Indonesia nampaknya menjadi salah satu negara yang memiliki kemauan untuk maju, sehingga fasilitas internet dapat digunakan dengan maksimal. Menjelang pilpres, telah bermunculan group, blog,  dan milis  yang membicarakan tentang Pilpres.

Negara kita sedang menuju negara yang dewasa dalam bermasyarakat. Siapa saja bisa berbicara, dan harus bertanggungjawab. Termasuk dalam pilpres siapa saja boleh menganalisa dan berpendapat.

Facebook ternyata tidak tertinggal perannya dalam pilpres. Banyak yang menggunakannya sebagai media promosi dan berdiskusi. Entah dengan cara jujur atau pura-pura..

Dan semakin populer saja peran facebook di masyarakat untuk berkomunikasi dan berbagi informasi.

========== Stop Dreaming Start Action =============

Di akhir tulisan saya sampaikan informasi bagi yang tertarik bisnis online dan ingin membangun negeri perlunya untuk mengakhiri mimpi dan diganti dengan aksi stop dreaming start action.

About me