Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bangun CYBER PROVINCE

Propinsi DIY baru saja memiliki Gubernur yang Baru saja dilantik pada tanggal 10 Oktober 2012. Hasil Perjuangan panjang dan melelahkan untuk melawan pihak-pihak yang tidak setuju jika Jogja menyandang gelar Istimewa. Mungkin ini ujian bagi rakyat Jogja dan yang peduli dengan Jogja untuk menjaga agar eksistensi keistimewaan Jogja terjaga. Jogja merupakan sebutan yang sudah tidak asing untuk menunjuk kehidupan dilingkungan Kota Madya Yogyakarta dan sekitarnya di propinsi DIY. Jogja jika ditinjau dari sejarah memang memiliki keistimewaan dibanding daerah lain yang setara. Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia pernah menjadikan kota Jogja sebagai Ibu Kota RI untuk menyelamatkan Eksistensi Bangsa Indonesia. Didukung dengan Eksistensi Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat yang tidak bisa digantikan oleh siapapun dan tidak bisa diganti sejarahnya dengan cara apapun menghantarkan NKRI tetap eksis dan munuju Kemerdekaan. Itulah sekelumit tentang jogja. Dan Anda saya kira juga sudah tahu..

Kini DIY menjadi Pilot Project dari MENKOMINFO untuk menjadi propinsi yang mampu meningkatkan kualitas pendidikan Dasar dan Menengah di seluruh (hampir) sekolah se DIY terhubung dengan jaringan komputer dan Internet. Proyek koneksi SD dan SMP 110 sekolah tahun 2010, dan 240 sekolah pada tahun 2011 telah memberikan harapan cerah untuk bisa mewujudkan Jogja Cyber Province.

Pembangunan tahap ketiga anggaran 2012 sebanyak 150 sekolah yang belum terkoneksi diharapkan selesai tahun 2013 dengan jumlah total sekolah yang terhubung jaringan sebanyak 500 sekolah terdiri dari 300 SD dan 200 SMP. Koneksi semua sekolah tersebut dengan jaringan wireless yang khusus untuk jalur pendidikan. Semua sekolah bisa saling komunikasi dan terpusat di BTKP (Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan). Wah luar biasa.. 500 sekolah terhubung jaringan.

Jika proyek ini berhasil maka akan segera disusul propinsi lain dan targetnya sekolah seluruh negeri terhubung jaringan, katanya 2025 harus sudah tercapai.

Proyek tersebut seiring dengan tujuan proyek Implementasi Jogja Cyber Province (JCP).  JCP adalah model provinsi yang melakukan transformasi layanan yang berorientasi pelanggan (masyarakat) dengan berbasis pada proses bisnis (proses kerja), informasi dan pengetahuan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai akselerator pembangunan wilayah provinsi yang berdaya saing, nyaman, mandiri, efisien, dan efektif. (Achmad Djunaedi). Info JCP bisa download file pdfnya ya..

 

About mdin