Public Relation (Humas) vs Internet

Tulisan ini saya posting berdasarkan kasus Prita VS RS Omni Internasional. Yang saya tulis buka pada perkara yang sedang terjadi, tetapi pada efek dr adanya Internet dan peran PR dari sebuah lembaga.

Sebenarnya sudah lama dan banyak masalah mirip Prita VS Omni yaitu pelanggan kecewa dengan layanan perusahaan tertentu kemudian menulis surat dan disebar ke Internet via email atau blog.

Saat ini, penting bagi setiap lembaga untuk memiliki tenaga (SDM) yang bisa mengendalikan atau memantau isu-isu seputar lembaga yang sedang terjadi dan menyebar di internet.

Tetapi hal ini, nampaknya masih diabaikan oleh lembaga, padahal isu atau pembicaraan di internet sudah bukan barang barang baru dan tidak bisa dianggap sepele.

Mungkin sebuah lembaga akan merasa perlu untuk menanggapi isu yang berkembang di internet jika lembaga tersebut sudah mengalami efek yang sangat fatal baru berfikir perlunya menanggapi. Namun jika kesadaran itu muncul belakangan biasanya yang terjadi penyesalan yang tidak dapat ditolong untuk kembali ke posisi semula. Apalagi lembaga itu tidak sanggup dan tidak tahu bagaimana caranya mengembalikan kondisi buruk yang sedang menimpanya.

Apapun isu yang sedang berkembang di internet pasti sedikit banyak berpengaruh dan berdampak pada lembaga. Jika isunya baik maka akan menaikkan dan sebaliknya jika isunya negatif akan menurunkan.

Memang sulit untuk mengukur seberapa besar peran internet dalam menurunkan reputasi dari sebuah lembaga, ini yang disebut dengan intangible. Demikian juga tidak mudahnya mengukur manfaat internet bagi lembaga yang disebut dengan tangible.

Yang lebih penting adalah perlunya setiap lembaga memiliki SDM yang dapat memantau, mendengar  dan mengikuti isu yang berkembang di Internet dan menjadikan semua isu itu sebagai masukan bagi lembaga. Justru isu itu yang merupakan masukan berharga bagi lembaga, tidak perlu menyediakan kotak saran yang kadang hanya menjadi pajangan yang tidak sedap dipandang.

====

Rank position this page in google:

http://www.google.co.id/search?hl=id&q=pr+vs+internet&btnG=Telusuri&meta=

About me