Restart Otomatis untuk PC router

Untuk para pekerja TI dan pengelola jaringan yang menggunakan PC sebagai router kadang menemui masalah kalau listrik mati. Masalah yang ditemui yaitu harus menghidupkan PC, saat listrik sudah nyala kembali.

Hal itu dapat diatasi jika menggunakan PC yang bisa diset akan melakukan restart sendiri. Tetapi jika di BIOS tidak ada fasilitas untuk restart, apakah harus secara fisik menekan dengan jari kita..? Kalau hanya disamping meja atau ruang sebelah tidak masalah. Tetapi jika di seberang sana.. yang harus berjalan menembus  keramaian lalulintas atau dinginnya udara atau derasnya hujan…

Adakah cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal itu?
Ini dari pengalaman,  PC router yang kita pasang di sebuah  lembaga yang jauh dari jangkauan kita dan di lembaga itu tidak ada SDM yang dapat kita perintah dengan leluasa atau yang peduli dengan keberadan PC router maka kit adapat mengatasi dengan RELAY.

Kita pasang relay yang menggantikan tombol Start dan dikendalikan dengan daya yang diambil dari power supply.

Gunakan RELAY yang normally closed, yaitu yang jika tidak ada arus listrik RELAY akan MENUTUP, dan jika ada arus listrik baru akan membuka..

Nah itu dia… si Relay yang  seharga tidak lebih dari 20 ribu akan menggantikan posisi manusia yang hanya akan melakukan restart PC Router. Dengan si Relay itu, kita dapat tidur nyenyak.. tidak harus berlari-lari… hanya meng-ON-kan PC Router..

Semoga bermanfaat….

About me