Sekilas bedanya DDR dan SDRAM

Perkembangan Hardware Komputer sudah sangat cepat, salah satunya yang tidak kalah penting yaitu Memory. Dalam Laptop dan PC sekarang dengan ditempeli RAM sebesar 1 Gb sudah menjadi standar dasar.

Dengan besar 1 Gb, dan dengan jenis DDR2 akan memacu kinerja PC/Laptop semakin baik. Sebenarnya apa yang terjadi antara SDRAM dan DDR1 / DDR2?

Memahami kelebihan dari DDR2 SDRAM dibandingkan DDR SDRAM kita harus belajar beberapa fakta dasar tentang arsitektur. Pertama, secara fundamental kedua mirip.  Tetapi, kemampuan DDR SDRAM dapat mentransfer data melalui  bus dua kali per clock, sedang DDR2 SDRAM dapat melakukan transfer  empat kali per clock. DDR2 menggunakan memori sel yang sama, namun dapat mentransfer sebanyak  dua kali lipat bandwidthnya dengan menggunakan teknik multiplexing.

ddr2 sdram

Komparasi SDRAM, DDR1 dan DDR2 sdram

Sel memory DDR2 masih dengan clock di frekuensi yang sama seperti DDR SDRAM dan SDRAM sel, tetapi frekuensi buffer input / output lebih tinggi di DDR2 SDRAM. Bus yang menghubungkan memori sel dengan buffer DDR2 dua kali lebih luas dibandingkan DDR.

About me