Seminar Nasional Pra Muktamar Muhammadiyah di UAD

Sabtu, 6 Pebrauri 2010, diselenggarakan Seminar dan Lokakarya Nasional Pra Muktamar Satu Abad Muhammadiyah dengan tema Revitalisasi Gerakan Muhammadiyah bidang Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.

Rangkaian Seminar ini merupakan yang terakhir setelah sebelumnya dilakukan di 5 tempat Amal Usaha Muhammadiyah.  Pertama di Universitas Muhammadiyah Malang, dengan tema Pemikiran dan Tajdid. Kedia di Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan tema Peran Kebangsaaan. Ketiga di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dengan tema Pengembangan Dakwah. Keempat di UHAMKA Jakarta dengan tema pendidikan, Kelima di Rumah Sakit Islam Jakarta dengan tema pengembangan Kesehatan, dan Terakhir di Universitas Ahmad Dahlan dengan tema Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat.

Yang istimewa pada seminar yang terakhir yaitu Pembukaan Seminar dihadiri oleh Bapak Jusuf  Kalla, mantan Wakil Presiden serta diikuti oleh Pasukan Jaket Putih, yaitu Pengurus Pusat dan Daerah dari PMI.

Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan kesamaan dengan Tokoh dan Pendiri Muhammadiyah yaitu KH Ahmad Dahlan, yaitu memiliki semangat dalam menolong  orang lain. Jika KH Ahmad Dahlan mendirikan Rumah Sakit PKOE (PKU), Pelayanan Kesehatan Umum, maka JK aktif dalam kegiatan PMI menolong orang yang memiliki semangat sama dala bidang kesehatan. Bedanya KH Ahmad Dahlan sudah 100 tahun yang lalu, JK baru sebulan.

Pesan lain dari JK kepada Persyarikatan Muhammadiyah, jangan melakukan bisnis atas nama Persyarikatan. Dikhawatirkan nanti jadi rebutan pengurus kalau usahanya maju dan kepengurusan sudah ganti.

Kata Din  Syamsudin, dalam bidang Ekonomi Muhammadiyah ingin memasuki dalam Abad ke dua mengukuhkan diri sebagia gerakan ekonomi nasional. Dalam seminar merevitalisasi potensi ekonomi dan menjaring pemikiran agar ke depan menjadi lebih baik.

Selamat bermuktamar, dan seminar.. semoga semua memberikan hasil yang baik bagi ummat Islam dan persyarikatan serta masyarakat dan  Bangsa Indonesia.

About mdin