Kapan Sistem Informasi Penduduk Ada ?

Sudah saatnya bangsa Indonesia memiliki Sistem Informasi Penduduk yang terintgerasi di seluruh Indonesia. Sangat besar manfaat bagi pemerintah dengan keberadaan SIP itu, misal:

  1. Data Pemilih di setiap kegiatan pemilihan baik untuk PILKADES, PILKADA, apalagi PEMILU.
  2. Statistik penduduk dengan berbagai parameternya: ekonomi, kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, dll.
  3. Manajemen penduduk: mutasi kependudukan, status kelakuan (baik,terpidana, mantan napi,dll), pelacakan kejahatan, persyaratan birokrasi, dll.

Jika hal itu terealisir maka bagi manajemen kependudukan akan sangat bagus dan dapat meningkatkan layanan masyarakat oleh pemerintah. Efisiensi biaya menjadi sangat tinggi dan biaya dapat dialihkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari, kesehatan yang murah, pendidikan yang murah, jaminan penganggur, membuka lapangan kerja baru, meningkatkan layanan publik, dll.

Namun dampak negatifnya juga ada, yaitu akan mengurangi tenaga kerja dari berbagai level birokrasi dan berakibat pada meningkatkannya jumlah pengangguran, dan sulitnya mengatasi jumlah pengangguran yang bertambah.

Perlu ada perencanaan startegis secara nasional yang tidak terpengaruh oleh hasil pemilu. wah yang ini kayaknya suuliiit… Semoga segera teralisir..

About me