Tolok ukur seseorang melek TI

Suatu saat akan dilakukan pelatihan TI terhadap sejumlah mahasiswa. Tapi ada kendala masalah klasifikasi antara mahasiswa yang sudah melek TI dan yang belum.

Untuk memahami perilaku pengguna TI yang sudah melek dan yang belum saat ini lebih mudah diketahui karena berbagai fasilitas gratis sudah banyak tersedia. Dengan berbagai fasilitas yang ada itu, maka jika seseorang belum memiliki kata kunci ini maka akan nampak kualifikasinya.

Meskipun tidak valid 100% namun jika seseorang belum memiliki EMAIL yang AKTIF maka akan kelihatan ke-melek-annya.Kepemilikan Email yang aktif dapat menjadi salah satu ukuran yang penting.

Kenapa email tolok ukur pertama ?
Saat ini, kalau seseorang hanya browsing saja tanpa memiliki email sangat kecil jumlahnya. Email menjadi syarat utama diberbagai aktifitas populer dan menjadi  primadona beberapa pengguna. Misal fungsi keberadaan email:

  • Untuk mengirim  dan menerima pesan dengan berbagai pihak secara elektronis yang efisien dan sangat menguntungkan.
  • Untuk mendaftar berbagai layanan gratis misal, tidak terbatas pada:  forum diskusi,  blog, facebook, friendster, berlangganan berita, dll.
  • Terlibat bisnis online.
  • dll.

Nah jika seseorang belum punya email maka dipastikan belum menjadi anggota atau memiliki berbagai layanan gratis yang tersedia.

========== Stop Dreaming Start Action =============

Di akhir tulisan saya sampaikan informasi bagi yang tertarik bisnis online dan ingin membangun negeri perlunya untuk mengakhiri mimpi dan diganti dengan aksi stop dreaming start action.

About me