Unsur-unsur yang dipantau pada Website atau BLOG

Dalam mengelola website tidak hanya sekedar posting saja. Namun juga memantau aktifitas website yang terkandung dalam statistik. Paling tidak ada 6 unsur yang kita pantau untuk mengetahui keberadaan website kita.

Visitor / pengunjung: Pengunjung merupakan unsur penting yang menjadi tolok ukur eksistensi website. Bagaimana eksistensi website kalau pengunjungnya tidak ada? Pengelola website akan merasa kesepian karena tidak ada tanggapan atau respon dari pengguna. Untuk menyedot pengunjung datang bisa diatur dengan keyword yang menarik dan judul yang unik. Untuk memantau pengunjung sebaiknya dipasang statistik pengunjung sebagai indikator jumlah pengunjung website.

Page view / durasi melihat halaman website. Pengunjung yang mendapat manfaat dari website kita akan membuka halaman website berlama-lama. Bahkan mungkin akan membuka halaman lain yang terkait dengan topik yang sedang dibuka. Untuk menambah durasi pengunjung berlama-lama diwebsite kita maka perlu ada alat bantu untuk mengarahkan ke topik yang terkait (related posting).

Spider, Mesin pengeruk data website.  Website yang tidak memiliki atau berasal dari komunitas tertantu akan dikunjungi oleh pengujung biasanya berasal dari search engine. Maksudnya, jika website bukan atas nama dari sebuah perguruan tinggi, forum diskusi, berita online, internet marketing, dll biasanya kekuatannya pada  search engine. Oleh karena itu maka website yang sering dikunjungi oleh mesin pengeruk inforamsi website kemungkinan besar akan ditemukan oleh pengunjung dari search engine.

Keyword / katakunci. Kata atau kalimat yang sering dicari oleh pengunjung melalui search engine merupakan alat bantu mengundang pengunjung datang diwebsite kita. Kata kunci yang disarankan terdiri dari 2- 3 kata yang umumnya dipakai oleh orang untuk mencari informasi melalui search engine.

XML / RSS. Pengunjung mungkin tidak ingin membuka website untuk memantau perkembangan sebuah website, tetapi cukup memantau dari RSS website tsb. Dengan ada web browser yang menyediakan untuk memantau updating website merupakan daya tarik bagi pengunjung website.

Referensi. Kita perlu mengetahui dari mana pengunjung datang ke website kita. Paling tidak dengan melihat dari referensi yang terbaca dalam rekaman akan memberitahu kepada kita asal pengunjung datang, apakah dari search engine,  website lain.

Jika kita bisa mengetahui hal-hal diatas maka kita bisa mencari alat agar website kita bisa menarik bagi pengunjung dan bermanfaat lebih.

Selamat memantau website dan meningkatkan trafik.

About mdin